Selamat datang di sains chemisty... Tempat berbagi ilmu kimia with hanni.a1f08006@gmail.com

Selasa, 31 Mei 2011

Pengantar dan Aplikasi Asam Basa


PENGANTAR
Asam dan basa adalah dua golongan zat kimia yang sangat penting. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal berbagai zat yang kita golongkan sebagai asam, misalnya asam cuka, asam sitrun, asam jawa, asam belimbing, jeruk, dan sebagainya. Demikian juga, kita mengenal berbagai zat yang kita golongkan sebagai basa, misalnya kapur sirih, kaustik soda, air sabun, dan air abu. Salah satu sifat basa adalah dapat melarutkan lemak; itulah sebabnya abu (abu gosok) digunakan untuk mencuci piring.

Dalam blog ini akan dipaparkan tentang pengertian asam dan basa serta sifat-sifatnya, cara menunjukkan asam dan basa, serta gambar dan video praktikum yang berhubungan dengan  asam dan basa. 

Aplikasi Asam dan Basa

Asam-basa merupakan salah satu sifat zat baik yang berbentuk larutan maupun non pelarut. Asam dan basa penting dalam proses kimia yang terjadi disekitar kita, mulai dari proses industry sampai proses biologi dalam tubuh makhluk hidup, mulai reaksi yang terjadi di laboratorium hingga reaksi yang terjadi di lingkungan sekitar.
Dalam industri besar ataupun home industry, banyak proses-proses produksinya atau kualitas produksinya sangat bergantung pada tingkat keasaman atau kebasaan mediumnya. Misalnya pada pembuatan tahu, kualitas pembentukan tahu (proses pengendapan) ditentukan keasaman larutan medianya.
Di dalam tubuh kita terdapat sistem yang sangat rumit yang secara ketat dikendalikan oleh keasaman darah. Ada deviasi sedikit saja tingkat keasaman darah dapat mengakibatkan fatal bahkan kematian, sebab darah menjadi malfungsi akibat tidak dapat mengikat oksigen hasil pernafasan.
Dengan demikian, kimia asam basa penting dipelajari disebabkan aplikasinya yang sangat dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More